Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Rabu, 19 Oktober 2011

MUI ; Karapan Sapi Tidak Boleh Menyiksa Binatang

KARIMATA FM-Madura, Pamekasan : Pelaksanaan budaya karapan sapi yang akan memperebutkan piala Presiden di Pamekasan (tanggl 23 Oktober 2011), ternyata menjadi perhatian serius Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pamekasan.

Sejumlah Ulama MUI menerima adanya perhelatan karapan sapi yang akan digelar di Stadion R Sunarto Pamekasan itu, tetapi dengan berbagai etika dan persyaratan.

Diantaranya, harus tidak ada unsur penyiksaan binatang, praktek perjudian, dan peserta tidak mengabaikan pelaksanaan sholat. serta unsur lain yang berkenaan dengan syariat Islam.

ALI RAHBINI ABDUL LATIEF Ketua MUI Pamekasan mengatakan, pelarangan menyiksa binatang itu dituangkan dalam pernyataan sikap yang di sampaikan kepada Bakorwil Pamekasan sebagai panitia pelaksana.

dan semua pernyataan yang tertuang di dalam surat tersebut sesuai dengan kesepakatan peserta sidang MUI, dan beberapa ormas Islam lainnya, seperti Forum Komunikasi Ummat Islam (FOKUS) dan Lembaga Pengkajian dan Penerapan Syariat Islam (LP2SI).

“Itu dilakukan agar penyiksaan binatang atau sapi dalam karapan itu tidak menodai kemurniaan Budaya Madura yang sudah berlangsung puluhan tahun. Serta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai islami dalam kegiatan tersebut,” katanya. (suhil/zil/http://www.karimatafm.com/news/show/1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar