Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Kamis, 09 Februari 2012

Gelar Sapi Kerap Tanpa Siksaaan

Bakorwil Pamekasan bersama Harian Pagi Radar Madura (Jawa Pos Group) berencana menyelenggarakan Eksibisi Lomba Kerapan Sapi tanpa Kekerasan. Kepastian terselenggaranya even ini diputuskan dalam rapat koordinasi (rakor) bersama aparat keamanan, dinas terkait, serta para pengerap sapi di Madura yang digelar di ruang kerja Kepala Bakorwil Pamekasan Ir.Eddy Santoso,MM, pukul 10.00 kemarin.

Dalam sambutannya, Eddy Santoso mengatakan bahwa penyelenggaraan Eksibisi Lomba Kerapan Sapi tanpa kekerasan ini direalisasikan untuk membuktikan komitmennya melestarikan budaya Kerapan Sapi yang sudah dikenal publik mancanegara. “Lomba ini juga digelar dalam rangka menindaklanjuti aspirasi majelis ulama dan masyarakat penyayang binatang,”ujarnya.
Dia berharap lomba ini bisa menjadi media edukasi bagi masyarakat yang selama ini memiliki perhatian terhadap kelestarian Kerapan Sapi. “karena itu kami mengandeng Radar Madura. Sehingga Eksibisi Lomba Kerapan Sapi tanpa kekerasan ini diharapkan bisa diketahui seluruh masyarakat Madura. Setelah acara selesai dihelat, kami akan evaluasi dan laporkan kepada Gubernur Jatim,” janjinya.

Eddy menerangkan, Eksibisi Lomba Kerapan Sapi tanpa Kekerasan akan digelar pada Minggu (12/2) di Lapangan Soenarto Hadiwidjojo Pemekasan, mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Sesuai ketentuan, masing-masing Bupati atau Dinas terkait mengutus enam pasang Sapi Kerap. “Kami tegaskan, tidak ada lagi kekerasan terhadap sapi. Teknisnya nanti akan dijelaskan Sekretaris Bakorwil Pamekasan Tajul Falah. Kalau terbukti melakukan kekerasan akan didiskualifikasi,” ingatnya.

Menurut dia, panitia penyelenggara hanya akan mengakomodasi peserta yang sudah direkomendasi oleh Bupati yang ada di Madura. Panitia tidak akan menerima peserta tambahan. “Yang akan diakomodir adalah peserta yang direkomendasikan Bupati. Kami tidak akan melayani peserta yang tidak direkomendasikan oleh para Bupati. Sebab masing-masing Kabupaten jumlahnya sudah ditetapkan,”tegasnya.
Yang menarik, peserta maupun penonton Eksibisi Lomba Kerapan Sapi tanpa Kekerasan ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. “ Kalau biasanya ada uang pendaftaran, untuk Eksibisi Lomba Kerapan Sapi tanpa kekerasan ini gratis. Masyarakat yang ingin menonton juga gratis. Tidak usah beli karcis,” jelasnya.
Meskipun gratis uang pendaftaran, panitia akan menyiapkan hadiah minimal tiga unit sepeda motor.
Sekretaris Bakorwil Pamekasan Tajul Falah menambahkan, keputusan tidak melakukan kekerasan dalam Eksibisi Kerapan Sapi kali ini adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. “Dalam eksibisi nanti, tidak boleh lagi menggunakan media atau alat yang tujuannya untuk menganiaya sapi. Masalah teknis yang sudah ditetapkan panitia pelaksana, akan kami sampaikan dalam technical meeting pada hari Selasa (7/2) pukul 09.00 di Kantor Bakorwil Pamekasan,” jelasnya. (Sumber: Radar Madura)
http://bakorwilpamekasan.jatimprov.go.id/?p=792#more-792

Tidak ada komentar:

Posting Komentar